catatan penting seorang tyas

introspeksi diri

Posted on: January 19, 2009

“to, anterin teteh kesini”

“to, tolongin papi buat ini”

“to anterin mami kesana”

“to tolong bantuin mami bikin ini”

“to tolong bantuin tante ngangkat itu”

Dan lain-lain…

Semua permintaan tolong serta suruhan orang-orang itu selalu dijawab dengan kata iya dan dikerjakan dengan tulus.

Nggak pernah gw melihat Ato, sepupu gw itu menolak semua permintaan tolong yang dilontarkan oleh keluarganya, atau bahkan dari tante/omnya. Dia selalu ngerjain dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Padahal mungkin dia punya urusan pribadi juga, punya rasa lelah juga,, namun dia tetap mau untuk dimintai tolong. Sehingga banyak orang yang percaya kalau dia bisa diandalkan untuk dimintai tolong berbagai macam hal (entah dia merasa beruntung ato rugi ya..hehe)

Kalo gw?

“de anterin gw kesini”, kata kakak gw

“de, temenin mama ke centro”

“……………..”

Pasti jawaban gw tergantung mood gw saat itu. Kalo lagi baek ya gw anter, kalo udah keseringan gw suka ngedumel, cemberut, ogah-ogahan.

Ya ampun…

Beda banget kan…

Akhirnya gw mulai menyadari sifat jelek gw itu,, gw mencari tahu,,koq gw ky gini, tapi sepupu gw bisa kaya’ gitu?

Sewaktu lamaran kakak gw kemarin, gw sempet ngobrol sama Ato di mobil, sewaktu mau beli kue buat acara. Ya ngobrolnya bukan tentang disuruh dan dimintain tolong oleh orang2 itu sih,, ngobrol hal lain, tapi bisa menyadarkan gw. Gw jadi tau kenapa Ato bisa dengan mudah bilang “iya” ketika diminta tolong, dan dia bisa mengerjakan permintaan tolong itu dengan penuh tanggung jawab dan sungguh2..

Kenapa?

Karena dia selalu berusaha menikmati setiap pekerjaan yang dilakukan olehnya. Apapun itu, dari siapapun permintaan itu datang. Dia selalu enjoy. Hmmmh…

Gw jadi berfikir, kenapa gw gak bisa kaya gitu? Kenapa gw sering (ga selalu loh) ngedumel kalo dimintai tolong sama kakak gw sendiri? padahal harusnya gw hormat sama dia, harusnya gw berterima kasih sama dia, selama ini dia udah banyak ngebantu gw…

Tapi beda kalau suruhan itu datangnya dari papa. Permintaan/ suruhan yang gak mungkin gw tolak adalah dari papa. Entah kenapa, gw gak akan pernah tega nolak suruhan papa. Mungkin karena papa adalah orang yang gw segani dan gw ngerasa banyak bgt berhutang sama beliau.

Hmmh…

Tapi gw salah,, karena toh ternyata gw memang banyak berhutang dengan 3 orang anggota keluarga gw itu, ya Papa, ya Mama, ya Mba Ani, kakak gw. Gw seharusnya ga boleh pilih kasih gitu…gw sadar, dan gw pengen merubah semua itu.

Semenjak gw ngobrol sama Ato itu, gw jadi punya keinginan untuk merubah kebiasaan jelek gw itu.. ingin mencoba menjadi seperti Ato, yang bisa selalu menikmati setiap pekerjaan yang dititahkan untuknya. Dari siapapun itu, khusunya dari keluarga yang lebih tua.

Seperti kata dendy juga…hehehe… “coba dipikir, berapa banyak bantuan mereka disaat kamu butuh bantuan?apa yang mereka minta darimu itu tidak seberapa dibanding apa yang mereka berikan untukmu selama ini.”

“bersyukurlah kamu masih dipercaya sama orang-orang itu untuk dimintai tolong…”

Thx to Ato n Dendy yang sudah membuka mata gw…

Gw akan mencoba untuk memperbaiki diri…

Gw akan berusaha mencoba menikmati semua pekerjaan…

Draft lama yang baru kesampean di posting sekarang…

tulisan ini menyadarkan gw lagi, yang senpat lupa akan niat untuk memperbaiki diri..

Advertisements

8 Responses to "introspeksi diri"

Wahahhhaha.. kesempatan nich!
De..anterin gw ke ambasador..
De…temenin gw fitting kebaya.
De..beliin kue keju
^_^ asik asik asik

setan lu!!!
eh,,hal ini bisa jadi introspeksi lo juga,,
coba dipikirkan,,,
😛

Walah2, penuh inspirasi nih kisahnya,. 🙂

@ nanto: ahaha..gak juga koq,,gw cuma baru menyadari, kita bisa belajar untuk lebih baik dari siapa saja, terutama dari orang-orang di dekat kita.. 😛

hhmmm.. ato yas?? hmmmm..
😉

sederhana tp ngena..

dia ganteng beneran ya yas? lebih ganteng daripada di foto yg lo kasih liat ke gw.. mau dunks kenalan.. hahahahahaha..

@ ratih
iya tih,,,ternyata untuk belajar menjadi lebih baik tuh bisa dari mana aja…
@ agrit
mau kenalan? gih maen2 ke kampusnya sana…ahahaha…kemaren kenapa gak minta?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 6,690 hits
Advertisements
%d bloggers like this: